Memilih Sabun Sesuai Kebutuhan Kulit

Dari sekian banyak jenis dan merek sabun mandi, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita? Sebagian dari kita mungkin sudah memiliki produk favorit atau merek, tetapi produk yang benar-benar cocok untuk kulit kita?

Setiap orang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi dia ingin menggunakan. Apakah itu sabun atau sabun cair, jenis sabun wangi atau jenis sabun yang dipercaya untuk membunuh kuman? Lembut pada kulit atau benar-benar membuat kulit terasa ketat ketika dibilas? Sebelum memilih, kenali dulu jenis kulit, jenis sabun, dan kegunaannya. yang paling penting adalah untuk memastikan sabun tidak hanya membersihkan kotoran dari tubuh kita, tetapi juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, lembut, dan beautiful.Kenali Jenis kulit
Kita sering membeli sabun berdasarkan pada preferensi atau bahkan karena iklan. Namun yang lebih penting adalah memilih produk berdasarkan jenis kulit. Apalagi jika kulit kita cenderung sensitif, kering, atau terlalu berminyak.
kulit kering

Meskipun berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri, sayangnya kebanyakan sabun juga menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh. Terutama Anda yang kering, disarankan untuk menggunakan sabun yang mengandung pelembab alami. Misalnya sabun dengan minyak bunga matahari, cocoa butter, atau minyak zaitun.

kulit berminyak

Kulit kenyal dan lembab adalah keuntungan Anda yang memiliki kulit berminyak. Tapi di sisi lain, kulit terlalu berminyak akan membuat bakteri berkembang biak lebih cepat. Gunakan sabun antibakteri untuk mencegah hal ini. Isi dari lavender atau chamomile dalam sabun juga sangat baik bagi mereka yang saya memiliki kulit berminyak.

kulit sensitif

Untuk mencegah terjadinya iritasi, Anda harus memiliki kulit sensitif menggunakan sabun dengan sedikit atau tanpa aroma. Pastikan juga sabun yang Anda pilih memiliki pH tingkat yang seimbang (pH seimbang). Hindari sabun yang mengandung antibakteri dan deodoran bahan.

kulit kombinasi

Jika kulit Anda bersisik, kering, dan mudah teriritasi di bagian-bagian tertentu, tetapi pada saat yang sama rasanya berminyak di daerah lain, Anda memiliki kulit kombinasi. Karena terdiri dari kulit kering dan berminyak, kulit kombinasi perlu dibersihkan secara khusus oleh menggunakan produk yang berbeda. Gunakan pembersih yang lembut dan mengandung bahan kimia minimal. di daerah kering, Anda perlu menerapkan pelembab, sementara Anda perlu sabun pembersih yang mengandung benzoyl peroxide di daerah berminyak untuk mencegah peradangan atau munculnya jerawat.

Gunakan Sabun Tepat
Setelah mengenali jenis kulit Anda, pilih sabun yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Sabun yang baik akan membuat kulit Anda terlihat halus, indah dan sehat.
Bar sabun
Kandungan natrium hidroksida di bar sabun berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Meski begitu, kandungan natrium hidroksida di bar sabun dapat juga membuat kulit Anda kering. Jika Anda masih lebih suka sabun bar, pastikan sabun Anda tidak mengandung tinggi alkalinitas yang dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering. Sebaliknya, gunakan sabun batang yang banyak mengandung emolien untuk menjaga kulit lembab.

tubuh

Selain membersihkan kotoran, sabun cair biasanya mengandung pelembab seperti petrolatum yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembut. Tubuh mencuci cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit normal karena cenderung lebih cair dari shower gel dengan tekstur tebal. Mencuci tubuh dengan label "pelembab" adalah pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki kulit kering karena selain mengandung petrolatum juga mengandung minyak pelembab alami.

Gel mandi

Sama seperti mencuci tubuh, shower gel juga cair. Bedanya, gel mandi lebih kental dan biasanya mengandung lebih banyak parfum. Jenis sabun ini cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak.

Apakah setelah mencoba berbagai jenis sabun dan pelembab, kulit Anda masih belum sehat? Cobalah untuk melihat spesialis perawatan kulit untuk perawatan lebih lanjut.

Komentar